Visi Misi SMK

SMK YPC TASIKMALAYA

VISI

SMK YPC memiliki komitmen jangka panjang terhadap pengembangan sumberdaya manusia. Pandangan ke depan dan cita-cita SMK YPC dinyatakan dalam Visi sebagai berikut:

“Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan Insan mandiri, terampil, handal yang selaras dengan kemajuan IPTEK dengan didasari IMTAQ dan dihiasi dengan Akhlaqul Karimah serta sanggup menghadapi tantangan global”.

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut maka misi yang diemban oleh SMK YPC adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas kinerja serta tanggap terhadap perubahan dan simpatik dalam pelayanan.
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
  3. Mewujudkan lingkungan pendidikan yang kondusif, penuh kreatifitas, kerjasama dan dinamika dengan penonjolan prestasi tinggi.
  4. Menyelenggarakan pendidikan yang aktif, efektif, efesien, berkualitas, permeabel dan fleksibel yang berorientasi pada pencapaian kompetensi berstandar Nasional dan Internasional
  5. Menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang teknologi untuk memenuhi tuntutan dunia usaha dan industri serta mengintensifkan hubungan dengan DU/DI yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional
  6. Membekali peserta didik untuk mampu mengembangkan diri.
  7. Menanamkan sikap Akhlakul Karimah yang didasari IMTAK dan IPTEK

TUJUAN

Untuk merealisasikan visi dan misi diatas maka sampai tahun 2020 di SMK YPC diharapkan akan tercapai beberapa tujuan sebagai berikut

  1. Meningkatkan kualitas, dan relevansi pendidikan sekolah untuk membangun manusia seutuhnya.
  2. Memfasilitasi terciptanya budaya belajar sambil bekerja bagi siswa yang terintergrasi di dalam komunitas masyarakat (learning by doing) sehingga akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi siswa.
  3. Memberdayakan SMK dalam menciptakan lulusan yang berjiwa wirausaha dan memiliki kompetensi keahlian melalui pengembangan kerjasama dengan industri dan entitas bisnis yang relevan serta menghasilkan produk berupa barang atau jasa yang memiliki nilai tambah.
  4. Memberikan kontribusi terbaik bagi upaya pencapaian tujuan pembangunan manusia Indonesia, yaitu manusia yang bertanggung jawab, berwawasan luas dan berilmu tinggi, serta didasari oleh IPTEK dan IMTAK.
  5. Memfasilitasi kebutuhan Pendidikan Menengah Kejuruan pada komunitas masyarakat di daerah yang jarak jangkauannya jauh dari layanan pendidikan kejuruan.

Kebijakan Mutu

Agar tujuan tersebut terwujud, maka kebijakan mutu SMK YPC adalah sebagai berikut:
Menghasilkan lulusan yang percaya diri, bermoral dan produktif melalui sistem pendidikan dan manajemen sekolah yang bermutu tinggi maupun melalui kerjasama dengan dunia usaha dan industri secara berkelanjutan.

MOTO

“Ilmu yang Amaliah, Amal yang Ilmiah, dan Akhlakul Karimah”

X