Pemilihan Ketua Osis Periode 2021 SMK YPC Tasikmalaya

Singaparna – Seluruh siswa SMK YPC Tasikmalaya, mengikuti pemilihan pemimpin Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS periode 2021 layaknya sistem pemilu. Pemilihan ini berlangsung di Lapang Utama SMK YPC, Selasa (26/1) pagi. Tujuannya, selain merupakan agenda program kerja tahunan pemilihan ketua osis juga memberikan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilihan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu.

Sesuai dengan arahan Pembina OSIS, tentang tata cara pemilihan yang sesuai dengan aturan pemilu, para siswa  dibagi menjadi petugas di tempat pemilihan suara (TPS), pemilih, panitia pengawas, saksi-saksi,  dan pengamanan. Tentunya proses pemilihan ketua osis ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dikarenakan situasi pandemi yang masih belum berakhir.

Acara dimulai dengan perkenalan calon pemimpin OSIS periode 2021, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi, para siswa itu tampak menyimak  dengan seksama pemaparan visi dan misi para calon pemimpin OSIS, kemudian, petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara, dan detail teknisnya.

Adapun saat datang ke TPS para siswa berbaris di depan panitia, kemudian menunggu dipanggil oleh petugas. Siswa lalu mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencoblos.

“Pemilihan seperti ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan demokrasi sejak dini. Para siswa mengikuti rangkaian kegiatan, dari debat, orasi visi misi, hingga memilih di bilik suara”, kata pembina OSIS.

Pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh siswa yang bertugas menjadi saksi. Ada yang berperan sebagai pembuka surat suara sembari melihat kondisi surat suara apakah sah atau tidak.

Selain itu, ada juga yang berperan sebagai pencatat hasil suara. Seorang siswa kelas IX yang bertugas sebagai petugas TPS, mengaku senang mengikuti pemilihan pemimpin OSIS ini. Menurut dia, pemilihan seperti ini memiliki manfaat saat dia mempunyai hak pilih nanti.

“Dengan acara ini, saya bisa mengerti dan bisa memilih dengan benar saat sudah bisa milih pemimpin” kata salah satu siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *